Perangkat Holeshot Device Temuan Ducati Bakal Dilarang di MotoGP

Perangkat Holeshot Device Temuan Ducati Bakal Dilarang di MotoGP

Panitia penyelenggara MotoGP akan melarang penggunaan perangkat holeshot device di motor MotoGP. Upaya ini dijalankan sebagai bentuk bisnis mengurangi ketergantungan MotoGP pada perangkat elektronik. Perangkat ini punya bhs tehnis ride height adjuster.

Seperti disadur dari Motosan, Chief Technology Officer (CTO) MotoGP, Corrado Cecchinelli, mengatakan, peranti holeshot akan dilarang pada musim 2023. Adapun anggota yang dilarang adalah holeshot anggota depan MOTOGP .

Bagi yang belum tahu, holeshot merupakan perangkat elektronik yang ditemukan oleh para insinyur Ducati di MotoGP. Perangkat holeshot ini amat berfungsi membuat motor yang idamkan mendapatkan akselerasi maksimal tanpa perlu kuatir roda depan mengangkat dengan sebutan lain wheelie.

Holeshot device menyebabkan ketinggian motor mampu diatur secara elektronik selagi motor tengah berjalan. Hingga hari ini, holeshot mampu digunakan di depan maupun di belakang, dan efek perangkat ini adalah cengkeraman yang besar selagi motor muncul dari tikungan.

Nah, menjadi musim 2023, perangkat ini tidak boleh digunakan sepanjang balapan di anggota depan motor. Pada musim selanjutnya, pelarangan ini termasuk akan mencakup holeshot di anggota belakang.

"Kami mengusulkan (larangan) cuma anggota depan gara-gara tidak tersedia yang mengfungsikan sistem layaknya itu sepanjang balapan, jadi kami pikir ini adalah selagi yang tepat untuk tindakan pencegahan. Sedangkan anggota belakang udah biasa dipakai, jadi pelarangan itu akan jadi masalah besar bagi seluruh orang," kata Cecchinelli Babatpost.com .

Baca juga:

Gerah Motor Yamaha Begitu-gitu Saja, Quartararo Pertimbangkan Pindah Tim?

Holeshot device di anggota belakang memang udah jamak digunakan di motor-motor MotoGP. Perangkat ini termasuk udah digunakan di motor Yamaha dan Aprilia. Namun holeshot anggota depan, memang baru Ducati yang coba mengembangkannya. Namun sebelum saat perangkat itu dipatenkan Ducati, th. 2022 lalu lima pabrikan menentangnya.

Akhirnya ketentuan melarang perangkat berikut pun dibikin sehabis pertemuan asosiasi pabrikan (Motor Sport Manufacturer Association/MSMA). Pelarangan ini tentunya menyebabkan Ducati gigit jari.

"Ada diskusi besar (tentang itu di di dalam MSMA), agar kami siap mencabut proposal. Tetapi beberapa besar pabrikan tetap menopang pelarangan itu dan mereka konsisten mendorongnya, jadi pada kelanjutannya itu disetujui," jadi Cecchinelli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Tips Lulus Menjadi Polri

Tips Ampuh Liburan Hemat di Jogja Bareng Keluarga

Tips Mencegah Serangan Rayap